Pengertian Ilmu Nahwu dan Sorof

Ilmu Nahwu Dan Ilmu Shorof


Perkembangan zaman yang begitu pesatnya diabad ini sangat memudahkan kita untuk melancong ke negeri-negeri lain, cepatnya upgrade jalur transportasi diberbagai belahan dunia tentunya harus kita seimbangi dengan upgrade kita dalam menguasai lebih banyak bahasa didunia. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat sekalian untuk sedikit belajar tentang bahasa arab, sobat sekalian tau apa yang di maksud dengan ilmu nahwu dan shorof? Yaaap mungkin sebagian dari sobat sekalian sudah pernah mendengar istilah yang familiar ini, nahwu dan shorof merupakan 2 buah ilmu yang wajib hukumnya untuk kita pelajari guna memahami bahasa arab, dalam ilmu nahwu dan shorof terdapat kaidah-kaidah yang memungkinkan kita untuk bisa merangkai kata dan dijadikan kalimat sehingga memiliki makna dalam bahasa arab. 


Pengertian Ilmu Nahwu Dan Shorof
 Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada sobat sekalian tentang apa itu nahwu dan shorof, mari kita simak ulasan berikut :

1. Ilmu nahwu

Ilmu nahwu merupakan ilmu yang mempelajari tentang kedudukan suatu kata dalam kalimat dan harokat akhir dari sebuah kata. Dengan ilmu nahwu kita dapat mengerti maksud yang diinginkan kalimat tersebut. Ilmu nahwu sering juga desebut sebagai bapak dari bahasa arab karna sangat pentingnya nahwu dalam bahasa arab. Dalam Ilmu nahwu banyak sekali kaidah-kaidah bahasa yang dapat kita pelajari seperti: Isim (اسم) Lafadz (لفظ) Huruf (حرف)


2. Ilmu shorof

Sering juga disebut sebagai ibu dari bahasa arab, dimana ilmu nahwu dan shorof tidak bisa dipisahkan satu sama lain, karna untuk menciptakan sebuah kalimat bahasa arab yang baik dan benar dibutuhkan gabungan dari kedua kaidan tersebut.
Adapun pengertian ilmu shorof sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan atau pembentukan suatu kata melalui penambahan atau pengurangan huruf asli, yang dengannya akan berubah dari kata kerja sampai menjadi kata alat, contoh : Memukul (ضَرَبَ) menjadi  alat untuk memukul (مِضْرَبُ)

Demikian sobat sekalian pembahasan kita kali ini tentang pengertian ilmu nahwu dan ilmu shorof, terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Ilmu Nahwu dan Sorof"

Posting Komentar