BAB Gerak : Kecepatan dan Kelajuan Beserta Contoh Soal

Mari kita lanjutkan pembahasan ilmu kita pada bab gerak. Pada pembahasan sebelumnya sudah mimin jabarkan mengenai pengertian gerak, posisi, kecepatan dan kelajuan. Dan kali ini kita akan mendalami mengenai kecepatan dan kelajuan.


Istilah kecepatan dan kelajuan sangat dikenal dalam perubahan gerak. Kecepatan termasuk besaran vektor, sedangkan kelajuan merupakan besaran skalar. Besaran vektor memperhitungkan arah gerak, sedangkan besaran skalar hanya memiliki besar tanpa memperhitungkan arah gerak benda. 
Kecepatan merupakan perpindahan yang ditempuh tiap satuan waktu, sedangkan kelajuan  dideļ¬nisikan sebagai jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. 
Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut : 


Contoh Soal

1. Seorang siswa berjalan dengan lintasan ABC, seperti gambar berikut. Selang waktu dari A ke C 10 sekon. Tentukan kelajuan dan kecepatan siswa tersebut?


Diketahui        : jarak AC = 7 m  
 selang waktu = 10 sekon 
 perpindahan AC = 5 m
Ditanya :  besar kelajuan dan kecepatan
Jawab : 



Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata

Kecepatan rata-rata dideļ¬nisikan sebagai perpindahan yang ditempuh terhadap waktu. Jika suatu benda bergerak sepanjang sumbu-x dan posisinya dinyatakan dengan koordinat-x, secara matematis persamaan kecepatan rata-rata dapat ditulis sebagai berikut : 



Kelajuan rata-rata merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut



Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat

0 Response to "BAB Gerak : Kecepatan dan Kelajuan Beserta Contoh Soal"

Posting Komentar