Akibat dan Dampak Pencemaran Air Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Lain Lengkap




Kita tentu sudah mengetahui bahwa pencemaran air sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia, hewan, dan kehidupan di air. Dan dampak pencemaran air dapat menjadi bencana besar, tergantung pada jenis bahan kimia, konsentrasi polutan, dan di mana pencemaran air terjadi. Dalam artikel ini, kita akan melihat ringkasan dari beberapa dampak pencemaran air yang selama ini telah terjadi.

Dampak pencemaran air pada umumnya dibagi atas 4 kelompok, yaitu:

1.Dampak Terhadap Kehidupan Biota Air

Masalah utama yang disebabkan oleh dampak pencemaran air adalah terbunuhnya kehidupan yang tergantung pada badan air tersebut. Hal ini disebabkan karena menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air tersebut. Akibatnya kesediaan oksigen untuk pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dalam air akan menurun.

Selain karena penurunan kadar oksigen terlarut dalam air, polutan berbahaya yang masuk ke dalam air dapat menghentikan siklus hidup biota air. Ikan, kepiting, burung camar dan banyak hewan lain terbunuh karena adanya polutan berbahaya yang meracuni habitat mereka. Contoh sederhana dari dampak ini adalah hilangnya populasi ikan di badan sungai daerah perkotaan. Jika kamu tinggal di kota, coba perhatikan sungai di tempat tinggalmu. Adakah ikan-ikan besar yang berenang di sana?

Dan juga, panas dari limbah industri yang terbuang ke sumber air akan membawa dampak bagi kehidupan organisme, apabila air limbah tidak didinginkan terlebih dahulu.


2. Dampak Terhadap Kualitas Air tanah

Pencemaran air tanah oleh tinja yang biasa diukur dengan faecal coliform telah terjadi dalam skala yang luas, hal ini dibuktikan oleh suatu survey sumur dangkal di Jakarta. Banyak penelitian yang mengindikasikan terjadinya pencemaran tersebut.

3. Dampak Terhadap Kesehatan

Peran air sebagai pembawa penyakit menular bermacam-macam antara lain:

- Air sebagai media untuk hidup mikroba patogen,
- Air sebagai sarang insekta penyebar penyakit,
- Jumlah air yang tersedia tidak cukup, sehingga manusia bersangkutan tak dapat membersihkan diri,
- Air sebaga media untuk hidup vektor penyakit.

4. Dampak Terhadap Estetika Lingkungan

Dengan semakin banyaknya zat organik yang dibuang ke lingkungan perairan, maka perairan tersebut akan semakin tercemar yang biasanya ditandai dengan bau yang menyengat disamping tumpukan sampah yang dapat mengurangi keindahan dan kerapihan lingkungan. Masalah limbah minyak atau lemak juga dapat mengurangi estetika lingkungan.


Selain 4 kelompok utama tersebut diatas, dampak pencemaran air juga mempengaruhi hal-hal dibawah ini:

1. Kerusakan Rantai Makanan
Dampak pencemaran air juga merusak tatanan rantai makanan alami yang selama ini berlangsung dalam ekosistem air. Polutan seperti timbal yang dimakan oleh ikan kecil, akan terbawa pada tingkat trofik selanjutnya. Ikan-ikan besar, kerang, dan tingkat trofik diatasnya juga akan ikut merasakan dampak dari polutan yang dimakan oleh si ikan kecil.


2. Wabah Penyakit
Kerusakan rantai makanan pada tahap selanjutnya akan berdampak pada manusia. Ya, produk-produk dari badan air yang tercemar yang dikonsumsi manusia akan mengakibatkan pada mewabahnya beberapa jenis penyakit. Wabah penyakit hepatitis bisa timbul akibat konsumsi makanan laut yang teracuni polutan, wabah kolera timbul karena pengolahan air minum yang buruk dari sumber perairan yang tercemar, dan masih banyak lagi.


3. Kerusakan Ekosistem

Dampak pencemaran air pada tahap selanjutnya akan terjadi pada ekosistem. Pencemaran air mengakibatkan kerusakan ekosistem yang berarti interaksi antar makhluk hidup di suatu tempat akan berubah.  Banyak daerah yang sekarang jadi terkena pencemaran air karena kelalaian manusia dalam menjaga kelestarian lingkungannya, dan di masa yang akan datang daerah-daerah yang tercemar ini tentu akan membuat manusia mengalami banyak kesulitan.




0 Response to "Akibat dan Dampak Pencemaran Air Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Lain Lengkap"

Posting Komentar