Pengertian Gerak Menurut Para Ahli

PENGERTIAN GERAK MENURUT PARA AHLI


Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati. Gerak ini bersifat Relatif artinya tergantung darimana posisi awal sudut pandang pengamat. Gerak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :




1. Gerak yang terjadi Pada Mahluk Hidup

Gerak Pada Mahluk Hidup terdiri dari 2 bagian yaitu gerak pada manusia dan gerak pada tumbuhan, Gerak pada manusia sendiri contohnya adalah ketika kita menggerakkan jari-jari tangan kita yang diperintahkan oleh otak dan ini termasuk gerak pada manusia.

Lalu pernahkah kalian menyentuh Daun Putri Malu…? Ya jika kita sentuh daun putri malu pasti secara otomatis daun tumbuhan tersebut akan menutup. Daun putri malu yang tertutup ketika disentuh merupakan contoh dari gerak pada tumbuhan.


2. Gerak yang terjadi Pada Benda 

Gerak Pada Benda contohnya ada pada rumus newton : ketika anda berada di dalam mobil yang sedang melaju kencang kemudian tiba tiba di rem dengan menunjukan inersia benda, maka badan anda akan terdorong otomatis ke depan karena badan ingin mempertahankan geraknya ke depan. Peristiwa tersebut yang pada akhirnya memunculkan ide teknologi sabuk pengaman pada kendaraan khususnya mobil. Newton sendiri merumuskan sifat inersia benda ke dalam rumusan hukum I newton yang menyatakan bahwa benda yang mengalami resultan gaya bernilai 0 akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.

Baca Juga :


1. Gerak Semu atau Relatif

Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi).

Contoh :
– Benda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak.


2. Gerak Ganda

Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.

Contoh :
Seorang bocah kecil yang kurus dan dekil melempar puntung rokok dari atas kereta rangkaian listrik saat berjalan di atap krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda disekitarnya, yaitu :
  • Gerak terhadap kereta krl
  • Gerak terhadap bocah kecil yang kurus dan dekil
  • Gerak terhadap tanah / bumi

3. Gerak Lurus

Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. 


Demikian pengertian gerakan menurut para ahli, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Gerak Menurut Para Ahli"

Posting Komentar