PENGERTIAN POSISI, JARAK DAN PERPINDAHAN LENGKAP

PENGERTIAN POSISI, JARAK DAN PERPINDAHAN LENGKAP



Setelah membahas mengenai gerak, bahasan selanjutnya adalah mengenai jarak dan perpindahan. Untuk materi mengenai gerak dapat kalian baca disni :



Posisi, jarak dan perpindahan mempunyai pengertian yang berbeda.

1. Posisi
Posisi merupakan letak benda terhadap titik acuan.
Dalam mempelajari gerak, langkah awal yang mesti dilakukan adalah meninjau suatu titik acuan. Untuk itu, perlu adanya sistem koordinat sebagai acuan. Koordinat yang digunakan cukup dengan sumbu x atau sumbu y saja.

Dalam menentukan posisi sebuah benda dalam kehidupan sehari-hari kita harus menyertakan titik acuan dan arah dari titik acuannya. Misalnya, Fira berjalan ke barat sejauh 4 km dari rumahnya. Dalam hal ini rumah Fira merupakan titik acuannya.
Pada koordinat kartesius, titik acuannya adalah titik (0,0) atau x = 0 untuk sumbu x dan y = 0 untuk sumbu y.



2. Jarak
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh suatu benda yang bergerak. Misalnya seekor kucing berada di x = 0 meter bergerak ke x = 12 meter, kemudian bergerak lagi x = 6 meter. Maka jarak yang ditempuh kucing adalah s = 12+6 = 18 meter.

Jarak merupakan besaran skalar dan dapat diukur dengan odometer. Istilah odometer sering disebut dalam dunia otomotif terutama mobil, yang merupakan sebuah alat yang menunjukkan sebuah jarak yang sudah ditempuh oleh mobil/motor.
Gambar 1. Angka 151.517 merupakan jarak (km) yang telah ditempuh oleh suatu kendaraan.



3. Perpindahan
Perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda dalam selang waktu tertentu.
Pengertian lainnya, perpindahan merupakan jarak dan arah dari kedudukan awal ke kedudukan akhir atau selisih kedudukan akhir dengan kedudukan awal. Perpindahan merupakan besaran vektor.

Besar perpindahan hanya tergantung pada posisi awal dan posisi akhir sebuah benda yang bergerak. Misalnya seekor kucing berada di x = 0 meter bergerak ke x = 12 meter, kemudian bergerak lagi x = 6 meter. Dari informasi tersebut diketahui bahwa posisi awal kucing adalah x = 0 meter dan posisi akhir x = 6 meter. Maka perpindahan kucing adalah ∆x = 6 – 0 = 6 meter.


Demikian penjelasan mimin kali ini semoga dapat dipahami dengan mudah dan diingat selalu. 



0 Response to "PENGERTIAN POSISI, JARAK DAN PERPINDAHAN LENGKAP"

Posting Komentar